Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di Republik Rakyat Cina dan Asia Tenggara mulai akhir 1990-an. Istilah Hanliu (韓流, Bahasa Korea:한류;Hallyu) diadopsi oleh media Cina setelah album musik pop Korea, HOT, dirilis di Cina. Serial drama TV Korea mulai diputar di Cina dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latin dan Timur Tengah. Pada saat ini, Hallyu diikuti dengan banyaknya perhatian akan produk Korea Selatan, seperti masakan, barang elektronik, musik dan film. Fenomena ini turut mempromosikan Bahasa Korea dan budaya. Korea ke berbagai negara. Pemerintahan korea sendiri sangat mendukung dan memiliki peran dalam
mewabahnya hallyu. Dukungan tersebut diwujudkan dengan menghindarkan
diri dari gempuran industri entertaiment dari barat. Hal ini menjadikan
orang korea sendirilah yang harus menciptakan produk-produk media
massanya sendiri. Selain itu dukungan dari pemerintah juga diwujudkan
melalui berbagai event seni seperti festival-festival film dan music
bertaraf Internasional. Walau yang gila korea nih, tapi jangan sampai lupa dengan negara sendiri???
nce argument :)
BalasHapusyeah nice
BalasHapus